top of page
Writer's pictureBrandInc

10 Destination Branding di Indonesia

Kalian tau ga ada 10 kota yang menjadi contoh Destination Branding di Indonesia? apa aja ya? yuk disimak!



1. Medan

Sehelai kain tenun merupakan budaya asli Indonesia yang terkenal di Sumatera Utara dibentuk huruf “M” untuk merepresentasikan kedinamisan kehidupan masyarakat multi-etnik di Medan sekaligus menggambarkan Medan sebagai kota yang bersahabat.


2. Riau Islands

Perahu layar Jung merepresentasikan salah satu unsur budaya Melayu yang dilestarikan, digunakan sebagai master brand identity untuk memberikan makna jelajah pulau serta kekuatan wisata bahari Kepulauan Riau, Ditambah 7 gambar ombak yang mengartikan ada tujuh kabupaten kota di Riau.


3. Jakarta

Monas yang digambarkan berada di atas lima buah garis memiliki makna ikon Jakarta yang memiliki lima wilayah. Lalu Brand Enjoy Jakarta terinspirasi dari kehidupan urban Jakarta, selain itu juga untuk menunjukkan sifat terbuka dan rendah hati masyarakat Indonesia.


4. Bandung

Logotype “Stunning Bandung” dengan taglineWhere the Wonders of West Java Begin” bermakna Bandung sebagai titik awal bagi wisatawan untuk menemukan lebih banyak keindahan alam dan budaya yang ada di Jawa Barat. Logomark yang dilambangkan dengan bunga dan kujang merepresentasikan keindahan dan orisinalitas dari Bandung dan Jawa Barat.


5. Joglosemar

Java dipilih sebagai pengemas sestinasi Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) karena mampu menyatukan seluruh potensi wisata di kawasan sana. Ditambah tagline Cultural Wonders untuk representasi kekuatan wisata di Joglosemar yang berbasis pada wisata budaya, lalu logonya menggunakan ilustrasi dari Candi Borobudur yang dianggap telah eksis secara internasional.


6. Banyuwangi

Banyuwangi mencoba memasukkan seluruh elemen kekayaan yang dimiliki dalam brand Majestic Banyuwangi. Menurut Pitana,. Elemen gunung, ombak laut, mentari, bluefire, motif batik gajah oling, hingga gaya tari gandrung yang secara keseluruhan merepresentasikan kekayaan alam dan budaya Banyuwangi.


7. Bali

Bali mengusung tagline “The Island of gods” yang berarti pulau para Dewa. Logomark Bali menggunakan gambar Pulau Bali yang merupakan bentuk eksistensi geografis, Pura yang melambangkan kehidupan yang berkelanjutan, dan Kembang Sepatu yang melambangkan kecantikan dan keceriaan.


8. Lombok

Logogram Lombok terdiri dari gunung, ombak laut, dasar laut, dan mentari yang secara keseluruhan menggambarkan keindahan Lombok. Lombok memilih “Friendly Lombok” sebagai tagline untuk menciptakan market yang lebih universal.


9. Makassar

Makassar mengusung “Explore Makassar” dalam branding mereka dan menggunakan logogram kapal Phinisi, yang memiliki ikatan yang erat dengan sejarah Makassar. Kapal ini juga sebagai simbol konektivitas dengan dunia internasional dan menyiratkan Makassar terbuka bagi para wisatawan.


10. Wakatobi-Raja Ampat-Bunaken

Wakatobi, Raja Ampat, dan Bunaken dikombinasikan menjadi satu melalui logogram Coral Wonders karena dikenal dengan keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Logo itu menggambarkan kombinasi antar keindahan bentang alam yang ada di tiga wilayah tersebut.



178 views0 comments

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page